University of Tasmania

Ranking Atas Dunia

CRICOS Provider No. 00586B

University of Tasmania

Sebagai universitas negeri tertua ke 4, UTAS adalah universitas bergengsi di Australia dengan reputasi tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan dan penelitian berkualitas sejak tahun 1890. Setiap tahunnya UTAS menerima penghargaan pendidikan universitas paling banyak di Australia dan termasuk dalam Top 10 research universities di Australia. Pada tahun 2016 berdasarkan Academic Ranking of World University UTAS dimasukan dalam top 2% universitas dunia. Berikut peringkat dunia UTAS saat ini berdasarkan QS World University's World Ranking.

  • Top 300 dunia
  • Top 50 dunia untuk ilmu Earth and Marine Science
  • Top 100 dunia untuk ilmu Kehutanan dan Pertanian
  • Top 150 dunia untuk ilmu Arts and Design
  • Top 200 dunia untuk ilmu studi Lingkungan
  • Top 250 dunia untuk ilmu Hukum, Sosiologi, Pendidikan dan Keguruan
  • Top 300 dunia untuk bidang ilmu Kedokteran

Dengan reputasi kelas dunia UTAS menyelanggarakan program perkuliahan dengan biaya rata-rata lebih rendah dari universitas sekelasnya. Beberapa yang dapat disebutkan disini antara lain:

  • Kedokteran - dunia selalu kekurangan tenaga dokter, baik di Indonesia maupun Australia. Program MBBS (bachelor of medicine and bachelor of surgery) menerima lulusan SMA untuk menyelesaikan program ini selama 5 tahun (bila direct entry). Biaya kuliah AUD 64.000/thn
  • Kelautan dan Logistik - tahukah anda? 90% barang pedagangan ditransportasikan melalui jalur laut? Bachelor of Global Logistics and Maritime Management adalah salah satu bidang usaha terbesar di dunia dan UTAS adalah penyelenggara program kelautan dan logistik terbaik di Australia. Biaya kuliah AUD 31.000/thn, selama 4 tahun
  • Double degree - dapatkan gelar Bachelor of Business dan Bachelor of Laws dalam satu program double degree di UTAS. Selain itu juga tersedia double degree Bachelor of Science and Bachelor of Laws.  Biaya masing-masing program adalah AUD 28.000/thn selama 4 thn.
  • Bachelor with Honours - bagi yang menyelesaikan program bachelor dengan predikat cum laude akan ditawarkan tambahan 1 tahun untuk meraih gelar bachelor with honours. Dengan gelar ini, lulusan dapat langsung melanjutkan ke jenjang S3 tanpa melalui jenjang master.

Untuk mahasiswa pra university dan S1 tersedia beasiswa Tasmanian International Scholarship (TIS) sebesar 25% dari nilai total biaya kuliah dari mengikuti sejak program Foundation, hingga lulus program S1. PENGECUALIAN: TIS tidak tersedia bagi mahasiswa program kedokteran, marine engineering dan nautical science. Semua pendaftaran mahasiswa asing akan langsung dinilai kelayakannya untuk mendapatkan TIS.

Untuk mahasiswa master dan doktoral tersedia beasiswa Endeavour dari pemerintah Australia yang menanggung 100% biaya kuliah dan hidup.

Kampus utama UTAS berlokasi di Hobart yang bersih, indah, tenang dan modern. Hobart adalah ibukota negara bagian Tasmania dengan penduduk sekitar 200 ribu jiwa. Penerbangan ke Hobart ditempuh dalam waktu 6 jam dari Jakarta melalui Melbourne, ditambah sekitar 1 jam dari Melbourne ke Hobart. UTAS juga memiliki kampus di Launceston dan Sydney. Biaya hidup di Hobart dan Launceston adalah salah satu yang termurah di Australia 

Hobart City Centre

30 ribu mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di UTAS. Diantaranya terdapat 3000 mahasiswa asing yang berasal dari 70 negara. Mereka tersebar di 8 fakultas: Tasmanian School of Business and Economics, Australian Maritime College, Health, Law, Arts, Education, Science and Engineering; Institute of Marine and Antartic Studies.

     

UTAS menyediakan akomodasi kampus dengan fasilitas lengkap seperti keamanan 24 jam, fasilitas olah raga, koneksi internet, ruang belajar, laboratorium komputer dan ruang rekreasi bersama. Berbagai kegiatan sosial disediakan seperti kegiatan penyambutan dan orientasi bagi para mahasiswa baru, piknik dan barbeque bersama, seminar dan lokakarya tentang teknik belajar dan menulis essay, dukungan dari mahasiswa senior dan lain sebagainya.

Kesempatan untuk mendapatkan visa kerja di Australia setelah lulus dari UTAS yang berlaku selama 2 sampai 4 tahun. Dengan visa kerja ini, anda dapat bekerja full time dan mendapatkan upah penuh. UTAS membantu mencari lowongan kerja bagi anda sebagai bagian dari pelayanan mahasiswa. 

Bagi yang memiliki rencana mengajukan status Permanent Resident di Australia, lulusan dari UTAS mendapatkan nilai tambahan karena anda telah kuliah di non-metropolitan area.

Ikuti UTAS information session, 23 Maret 2018 pukul 14.00 - 16.00 di kantor MBA Pratama, Jakarta.  Mari gunakan kesempatan emas ini untuk mendapatkan informasi mengenai program studi dan juga melakukan pendaftaran. 

Ingin informasi lebih lanjut? Hubungi konselor spesialis UTAS kami