Foothill - De Anza

Solusi bagi putra-putri anda yang ingin kuliah di universitas papan atas Amerika 

SBMPTN adalah ujian seleksi masuk secara nasional untuk bisa masuk ke PTN di Indonesia. Meskipun calon mahasiswa baru bisa melakukan persiapan secara mandiri, sebagian besar akan mengikuti persiapan di lembaga BIMBEL sebelum mengikuti SBMPTN, terutama mereka yang menargetkan PTN favorit papan atas.

Bagaimana proses penerimaan mahasiswa baru bagi warga negara Indonesia lulusan SMA atau IB atau A level dengan di Amerika? Ternyata tidak sesederhana dengan yang dilakukan di Indonesia.

Tidak sebuah sistem nasional penerimaan bagi mahasiswa asing/non US residence yang di Amerika. Proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan oleh masing-masing universitas. Memang ada 2 kriteria penerimaan yang nampaknya berlaku di hampir semua universitas Amerika, yaitu standard nilai kelulusan dan hasil test bahasa. Namun ada kriteria-kriteria lain yang menjadi keunikan masing-masing universitas.
 
Apalagi bila bicara tentang penerimaan oleh universitas papan atas di Amerika seperti 8 universitas dalam Ivy League (Harvard, Brown, Yale, Princeton, Pennsylvania, Darthmouth, Cornell dan Columbia), MIT, UC dan lainnya, kriteria-kriteria tambahan akan dicantumkan. Mari kita intip kriteria penerimaan UC: https://admissions.berkeley.edu/international-students
 
Ternyata banyak faktor yang harus dipertimbangkan ya. Inilah yang menjadi tugas MBA Pratama, yaitu memberikan bimbingan dan bahkan SOLUSI.
 
Ada SOLUSI bagi anda atau putra-putri anda yang berencana untuk mencari penerimaan sebagai freshman (lulusan SMA/high school): Program University Entry Pathway melalui community college di Amerika. Persyaratan masuknya jauh lebih mudah dari pada direct entry ke universitas, baik dari segi persyaratan akademis maupun bahasa. Tidak saja itu, melalui proses pembelajaran di community college, calon mahasiswa menerima berbagai pembekalan agar memiliki kemampuan akademis untuk mengikuti perkuliahan di universitas. Akan tapi setiap kami menawarkan program ini sering kami mendapatkan sinyal keberatan dari orang tua dan juga sang calon mahasiswa. Apa keberatannya? (1) Nanti lulusnya tambah lama karena ada tambahan tahun kuliah di college sebelum masuk tahun pertama perkuliahan di university; (2) Dan akhirnya anggaran pendidikan jadi bertambah
 
Itu adalah kondisi kira-kira 10 tahun yang lalu. Sekarang sudah banyak kemajuan. Baik university dan community college sudah mendengar banyak masukan dan sudah melakukan berbagai terobosan. Kok baik sekali mereka? Ya sebenarnya terobosan ini lebih banyak dilakukan oleh university karena memang mereka membutuhkan mahasiswa dengan dasar-dasar akademis yang kuat, tidak saja untuk bisa masuk, tapi juga untuk bisa berprestasi selama kuliah dan lulus dengan memuaskan.
 
Sekarang sudah ada program University Entry Pathway di community college yang TIDAK menambah waktu kuliah. Foothil De Anza (FHDA) adalah salah satunya. Nama FHDA mungkin terdengar asing bagi kebanyakan anda, bila dibandingkan nama-nama besar seperti Harvard, Princeton atau Yale. Tapi FHDA memiliki kerjasama dengan para universitas papan atas ini agar kredit FHDA dapat ditransfer. Bahkan dengan beberapa universitas FHDA memiliki kerjasama 2 year college + 2 year university = your unlimited future (maksudnya bisa diwisuda). Dan dengan fakta bahwa biaya kuliah di FHDA jauh lebih murah daripada biaya kuliah di universitas manapun di Amerika, tentunya mahasiswa dan orang tuanya otomatis mendapat pengurangan biaya kuliah pada 2 tahun pertama di FHDA. Dengan demikian, 2 keberatan para orang tua dan calon mahasiswa yang disebutkan sebelumnya sudah teratasi.
 
Bila kita kembali keawal tulisan ini, ternyata University Entry Pathway ini sangat mirip dengan sistem BIMBEL yang ada di Indonesia, BAHKAN LEBIH dari sekedar BIMBEL, karena ada kredit yang bisa ditransfer ke universitas dan dengan pembekalan selama proses perkuliahan di FHDA, para mahasiswa akan lebih siap dan lebih mampu untuk menyelesaikan perkuliahan dan lulus dengan nilai memuaskan. Pada akhirnya dengan memiliki ijazah kelulusan dengan nilai baik akan menambah peluang anda atau putra-putri anda untuk mendapatkan pekerjaan yang baik pula.
 
Silahakan meninggalkan komentar atau pendapat atau pertanyaan dibawah ini, atau bisa juga menghubungi kami di MBA Pratama: Yoseph Yandra (HP/WA 0818-60-9876 di Jakarta) atau Ernawaty Purba (HP/WA 0812-6290-815 di Medan) atau Iskandar Samad (HP/WA 0812-6020-4944 di Banda Aceh) atau Evy Rosriani (HP/WA 0812-8588-6436 di Bogor)
 
#mbapratama #studyinusa #kuliahluarnegeri #toefl #ielts #kuliahdiamerika #harvard #cornell #yale #princeton #fhda