Kuliah di Kanada

Setelah anda lulus kuliah di Canada dan merasakan kenyamanan dan kesejahteraan yang ditawarkan negara tersebut, anda memiliki peluang besar untuk bisa menetap di Canada sebagai Permanent Resident (PR). Lulusan program diploma juga memiliki peluang untuk menjadi seorang PR di Canada.  Pemerintah Canada saat ini memang tengah membuka kuota yang besar bagi para mahasiswa lulusan Canada untuk menjadi PR.

Canadian Permanent Residency adalah sebuah jenis visa yang memberikan semua hak yang sama dengan warga negara Canada KECUALI hak politik. Hak itu antara lain, hak untuk tinggal tanpa batas, hak untuk bekerja, hak untuk mendapatkan jaminan sosial (seperti pendidikan dan kesehatan) dan sebagainya. Setelah menjadi Canadian PR, anda juga dapat mensponsori anggota keluarga anda di Indonesia untuk menjadi Canadian PR. Sebagai Canadian PR anda tetap menjadi warga negara Indonesia dan memegang paspor Republik Indonesia dengan semua hak dan kewajibannya. 

Peluang ini dimulai dengan mengajukan visa kerja setelah lulus atau yang disebut Port-Study Working Permit yang berlaku antara 9 bulan hingga 3 tahun, tergantung program studi yang anda lakukan sebelumnya. Setelah memiliki visa kerja, anda dapat mencari pekerjaan tetap di Canada. Hendaknya pekerjaan yang anda cari sesuai dengan pendidikan anda untuk membantu tahap berikutnya, yaitu pengajuan PR.

Setelah anda mendapatkan pengalaman kerja minimal 1 tahun di Canada, anda sudah memiliki 2 kriteria utama yaitu kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja di Canada.