Kuliah di Kanada

Canada adalah salah satu negara maju di dunia dan pendidikan merupakan salah satu sektor penting yang turut mempengaruhi perekonomian Canada. Oleh karena itu pemerintah Canada berusaha menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi warga negaranya.

MBA Pratama mewaliki institusi pendidikan di Canada berkualitas dan terakreditasi. Artinya tidak saja memiliki kualitas pendidikan tapi juga kemampuan untuk membimbing siswa dan mahasiswa asing dengan baik. Kami sudah banyak membantu siswa Indonesia datang belajar ke Canada setiap tahunnya dan bahkan hanya untuk belajar bahasa Inggris atau Perancis.

 

Canada adalah salah satu negara maju di dunia dengan kualitas lingkungan yang bersih dan sehat. Tingkat kriminalitas juga sangat rendah sehingga menjadi tempat yang sangat nyaman untuk menimba ilmu.

Kanada merupakan negara dengan empat musim yakni: 

  1. Musim dingin (bulan Maret - Mei)
  2. Musim semi (bulan Juni - Agustus/September)
  3. Musim panas (bulan September - Nopember)
  4. Musim gugur (bulan Desember - Februari)

Disaat musim panas, siang hari akan lebih lama dari malam hari dan suhunya dapat mencapai 35ºC atau lebih. Sedangkan pada musim dingin, siang hari akan lebih pendek dari malam hari dan suhunya dapat mencapai -25ºC. Suhu yang sedang atau nyaman dialami dalam musim semi dan gugur. 

Canada adalah salah satu negara maju di dunia yang menjadi tujuan migrasi oleh berbagai suku bangsa yang ingin menetap disana. Dengan demikian masyarakat Canada sangat beragam dan sudah sangat terbiasa berinteraksi dengan orang dari berbagai suku bangsa.

Pemerintah Canada menerapkan sistem pelayanan pemerintahan yang sangat netral tanpa membeda-bedakan latar belakang suku bangsa. Anda akan merasa diterima selama belajar di Canada tanpa merasa seperti orang asing.

Siswa atau mahasiswa asing yang tengah belajar menggunakan visa pelajar (student visa) di lembaga pendidikan tinggi ataupun vokasi di Canada yang telah diakui pemerintah Canada, diijinkan bekerja part-time baik di dalam maupun di luar kampus.

Anda berpotensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebesar $ 800 - 1000 per bulan dan bisa membantu biaya hidup anda sehari-hari. Selain tambahan pemasukan anda juga mendapatkan pengalaman berinteraksi di tempat kerja di Canada.

Program magang (internship) juga dapat dilakukan bila program studi anda termasuk komponen tersebut.

MBA Pratama dapat membimbing anda dalam memilih lembaga pendidikan yang sudah diakui pemerintah Canada agar memastikan anda mendapatkan ijin kerja part-time

Setelah anda lulus kuliah di Canada dan merasakan kenyamanan dan kesejahteraan yang ditawarkan negara tersebut, anda memiliki peluang besar untuk bisa menetap di Canada sebagai Permanent Resident (PR). Lulusan program diploma juga memiliki peluang untuk menjadi seorang PR di Canada.  Pemerintah Canada saat ini memang tengah membuka kuota yang besar bagi para mahasiswa lulusan Canada untuk menjadi PR.

Canadian Permanent Residency adalah sebuah jenis visa yang memberikan semua hak yang sama dengan warga negara Canada KECUALI hak politik. Hak itu antara lain, hak untuk tinggal tanpa batas, hak untuk bekerja, hak untuk mendapatkan jaminan sosial (seperti pendidikan dan kesehatan) dan sebagainya. Setelah menjadi Canadian PR, anda juga dapat mensponsori anggota keluarga anda di Indonesia untuk menjadi Canadian PR. Sebagai Canadian PR anda tetap menjadi warga negara Indonesia dan memegang paspor Republik Indonesia dengan semua hak dan kewajibannya. 

Peluang ini dimulai dengan mengajukan visa kerja setelah lulus atau yang disebut Port-Study Working Permit yang berlaku antara 9 bulan hingga 3 tahun, tergantung program studi yang anda lakukan sebelumnya. Setelah memiliki visa kerja, anda dapat mencari pekerjaan tetap di Canada. Hendaknya pekerjaan yang anda cari sesuai dengan pendidikan anda untuk membantu tahap berikutnya, yaitu pengajuan PR.

Setelah anda mendapatkan pengalaman kerja minimal 1 tahun di Canada, anda sudah memiliki 2 kriteria utama yaitu kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja di Canada.

 

 

 

 

  • Bukti akademis terakhir sesuai dengan jenjang pendidikan yang dituju. Bukti kelulusan telah selesai SMA kelas 2 atau 11 dibutuhkan bila anda mendaftar program diploma. Bukti kelulusan minimal SMA dibutuhkan bila anda mendaftar program bachelor. Bukti kelulusan S1 dibutuhkan bila anda mendaftar program Master. Bukti kelulusan S1 dan S2 dibutuhkan bila anda mendaftar program doktoral.
  • Bukti kemampuan bahasa Inggris, disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang dituju. Bukti kemampuan bahasa Inggris biasa diukur menggunakan tes bahasa internasional seperti TOEFL dan IELTS. Kemampuan setara minimal IELTS 6.0 (5.5) dibutuhkan bila anda mendaftar program diploma.  Kemampuan setara minimal IELTS 6.5 (6.0) dibutuhkan bila anda mendaftar program bachelor. Kemampuan setara minimal IELTS 7.0 (6.5) dibutuhkan bila anda mendaftar program master atau doktoral.

Pendaftar dapat memilih untuk melakukan test TOEFL/IELTS atau melakukan program persiapan bahasa yang telah diakreditasi oleh college atau university yang anda tuju.

Beberapa syarat tambahan mungkin diminta untuk jenjang atau program pendidikan tertentu, hubungi kami untuk mengetahuinya.

Bagi para mahasiswa asing, biaya kuliah pertahuannya sekitar CAD 14.000 (USD 10.800) dan biaya kampus (keanggotaan perkumpulan mahasiswa, fasilitas . Untuk biaya hidup, mahasiswa harus menyiapkan dana CAD 10.000 per tahun. Selain itu terdapat biaya student visa sebesar CAD 150, asuransi kesehatan (CAD 600 - 900 per tahun) dan tiket pesawat yang harus disiapkan.

Konsultan kami akan membantu anda menghitung biaya yang dibutuhkan.

Sistem pendidikan Kanada menawarkan program studi bagi para pelajar dan mahasiswa asing baik dari tingkat sekolah, vokasi, undergraduate dan postgraduate. Semua program studi dan institusi pendidikan yang kami tawarkan telah diakreditasi dan diawasi oleh Pemerintah Kanada.