Mengapa Kuliah di Australia?

Institusi yang Direkomendasikan

 

UTAS

Berdiri sejak 1890 UTAS adalah universitas tertua ke-4 di Australia. UTAS termasuk top 2% universities. Ditawarkan program S1, S2 dan S3. Terletak di pulau negara bagian Tasmania di Australia yang sangat tenang, bersih dan nyaman untuk belajar dengan biaya hidup yang terjangkau

UNE

Universitas negeri Australia di kota Armidale yang tenang, bersih dan nyaman dengan biaya hidup yang terjangkau. Kualitas pendidikan UNE telah teruji sejak pendiriannya di tahun 1930. Ditawarkan program S1, S2 dan S3.

Murdoch

Perguruan tinggi negeri di kota Perth Australia dengan program S1, S2 dan S3. Murdoch juga memiliki kampus di Singapura dan Dubai

ATMC

Terletak di kota Sydney dan Melbourne ATMC menawarkan program diploma, advanced diploma untuk berbagai bidang bisnis, teknik informasi dan engineering sebagai kualifikasi untuk mencari pekerjaan atau melanjutkan ke Charles Darwin Uni., Federation Uni. dan Uni. Sunshine Coast

Pendidikan Kelas Dunia

Australia memiliki 37 perguruan tinggi negeri, 7 diantaranya masuk dalam urutan 100 besar universitas peringkat atas dunia.  Berdasarkan rangking dari Universitas 2012 U21, Australia berada di atas negara Jerman, Belanda dan Jepang dalam hal Sistem Pendidikan Tinggi Nasional. Biaya kuliah di perguruan tinggi di Australia berkisar AU$ 38 ribu - 48 ribu termasuk biaya hidup.

Sekolah menengah Australia juga menerima siswa/i asing untuk mengikuti pendidikan dengan kurikulum Australia atau International Baccalaureate. Suasana belajar yang aman, tenang dan multikultural akan memberikan pendidikan International School yang sejati bagi putra-putri anda dengan biaya yang lebih terjangkau. Biaya sekolah di Australia berkisar AU$ 29 ribu - 33 ribu per tahun termasuk biaya hidup.

Pilihan Mahasiswa Dunia

Australia adalah tujuan belajar favorit bagi pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia, setara dengan Inggris dan Amerika Serikat. Dengan hanya populasi sebanyak 23 juta jiwa, Australia memiliki ratio mahasiwa internasional:jumlah penduduk yang lebih tinggi bila dibandingkan Inggris dan AS. Jadi bisa kita bayangkan nuansa pendidikan internasional yang akan anda rasakan bila kuliah di Australia. Bila sudah sekian banyak yang memilih, tidak salah lagi bagi anda untuk memilih Australia sebagai tujuan belajar.

Jumlah student visa yang diberikan pemerintah Australia untuk mahasiswa yang akan kuliah di universitas di Australia (Higher Education Sector) dari beberapa negara asal (2016-2017):

  • RRC: 65.562
  • India: 30.795
  • Malaysia: 5.754
  • Hong Kong: 3.749
  • Saudi Arabia: 3.077
  • Singapura: 2.949 
  • Korea Selatan: 2.543

Informasi statistik selengkapnya dapat dilihat di website Department of Home Affairs Australia

Pilihan Mahasiswa Indonesia

Australia menjadi pilihan utama pelajar dan mahasiwa Indonesia karena lokasinya yang dekat dengan Indonesia, kondisi lingkungan belajar yang tenang, fasilitas pendidikan kelas dunia, pelayanan mahasiswa yang ramah dan budaya yang toleran. Anda cukup berkonsentrasi pada pendidikan anda dan tidak perlu memusingkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan kuliah anda.

Iklim Australia juga tidak terlalu jauh berbeda dengan di Indonesia. Sebagian besar wilayah Australia memiliki iklim sub-tropis. Meskipun memiliki 4 musim, namun suhu udara tidak terlalu dingin selama musim dingin.

Perbedaan waktu antara Indonesia dan Australia juga tidak jauh. Australia dibagi dalam 3 zona waktu: Zona Barat, tengah dan Timur. Zona Barat sama dengan WITA (WIB + 1 jam), sedangkan Zona Timur sama dengan WIT + 1 jam. Zona Tengah Australia tidak sama dengan WIT, karena berbeda 1,5 jam dengan Zona Barat dan 0,5 jam dengan Zona Timur.

Berikut adalah suhu rata-rata dan perbedaan waktu kota besar Australia pada saat musim dingin:

  1. Sydney: 9 - 18 C, + 3 jam dengan Jakarta/WIB (tambah 1 jam saat musim panas)
  2. Melbourne: 4 - 9 C, + 3 jam dengan Jakarta/WIB (tambah 1 jam saat musim panas)
  3. Tasmania:  4 - 9 C, + 3 jam dengan Jakarta/WIB (tambah 1 jam saat musim panas)
  4. Adelaide: 9 - 18 C, + 2,5 jam dengan Jakarta/WIB (tambah 1 jam saat musim panas)
  5. Perth: 14 - 20 C, + 1 jam dengan Jakarta/WIB
  6. Brisbane:  20 - 27 C, + 3 jam dengan Jakarta/WIB

Sedangkan kota Darwin yang berada di sebelah utara Australia beriklim sama dengan Indonesia dan mengikuti Zona Waktu Tengah.  

 

Sistem Pendidikan Australia

Australia memiliki jenjang pendidikan yang mirip dengan Indonesia. Ini adalah hal yang baik bagi siswa dan mahasiswa Indonesia karna dapat langsung meneruskan pendidikan ke jenjang berikut.

Jenjang pendidikan dan kualifikasi di Australia dikenal dengan istilah Australian Qualification Framework (AQF). Jenjang AQF terdiri dari Jenjang Sekolah dan 10 jenjang kualifikasi.

Jenjang kualifikasi AQF tertinggi untuk kejuruan adalah level 8 (graduate certificate dan graduate diploma). Untuk jenjang Sarjana adalah AQF 7 (bachelor) dan 8 (bachelor with honours). Jenjang Strata 2 (Master) adalah AQF 9 dan Strata 3 (Doctoral/PhD) adalah AQF 10

Sebagai mahasiswa di Australia, anda dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa ke negara lain TANPA TAMBAHAN BIAYA KULIAH. Rata-rata perguruan tinggi di Australia memiliki kerjasama pertukaran mahasiswa yang luas dengan berbagai universitas papan atas di Eropa, Amerika Utara dan Asia. Mahasiswa dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa selama maksimal 1 tahun (2 semester). Semua nilai kuliah kemudian diserap menjadi nilai kelulusan di perguruan tinggi di Australia

Hal ini memberikan peluang bagi mahasiswa dari Indonesia untuk dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa ke negara ketiga TANPA menambah pembayaran uang kuliah. Sebuah pengalaman akademis yang jarang ditemui bila kuliah di Indonesia.

Syarat Pendaftaran

Secara umum ada 2 syarat utama untuk mendaftar kuliah di Australia: 1) Syarat Akademik dan 2) Syarat Kemampuan Bahasa Inggris

Program Certificate III hingga Diploma (Vocational/Kejuruan)

  1. Sudah menyelesaikan Kelas 2 SMU / year 11
  2. Memiliki kemampuan bahasa setara dengan IELTS 5.5

Program Bachelor (Strata 1)

  1. Menyelesaikan Kelas 2 SMU / year 11
  2. Memiliki kemampuan bahasa setara dengan IELTS 5.5
  3. Mengikuti program foundation antara 8 bulan (express) atau 12 bulan (standard), kemudian masuk year 1 kuliah program bachelor

Alternatif 2

  • Menyelesaikan Kelas 3 SMU / year 12
  • Memiliki kemampuan bahasa setara dengan IELTS 5.5
  • Mengikuti program diploma antara 8 bulan (express) atau 12 bulan (standard), kemudian masuk year 2 kuliah program bachelor

Program Master by Coursework(Strata 2)

  1. Memiliki gelar Strata 1 atau setara
  2. Pengalaman kerja (bila diminta)
  3. Memiliki kemampuan bahasa setara dengan IELTS 6.5

Program Master by Research (Strata 2)

  1. Memiliki gelar Strata 1 atau setara
  2. Pengalaman kerja (bila diminta)
  3. Memiliki kemampuan bahasa setara dengan IELTS 6.5
  4. Mengajukan proposal penelitian

Program PhD (Strata 3)

  1. Memiliki gelar Strata 2 atau setara
  2. Pengalaman Riset akan sangat membantu
  3. Memiliki kemampuan bahasa setara dengan IELTS 6.5
  4. Mengajukan proposal penelitian

Untuk syarat bahasa, pendaftar dapat memililh untuk mengajukan hasil test (IELTS atau TOEFL) atau mengikuti program persiapan bahasa Inggris yang memiliki akses penerimaan langsung pada program studi yang dituju tanpa TOEFL atau IELTS.

Direct English Preparation in Indonesia 

Ada beberapa program studi yang menetapkan beberapa syarat tambahan. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.