Uni Entry Pathways

Kunci Sukses Kuliah di Luar Negeri

study guidance

Tahukah anda bahwa 90% pendaftar program Strata 1 (S1) dari Indonesia pada university di Australia, New Zealand, USA, Canada dan UK diterima melalui program University Entry Pathways? Dan ternyata tidak hanya dari Indonesia saja, siswa dari negara lainnya, termasuk dari RRC juga melalui program University Entry Pathways untuk masuk ke program S1 pada university di negara-negara tersebut. Hal ini membuat program University Entry Pathway menjadi salah satu program studi luar negeri terpanas (hot course).

Mengapa mereka melalui program University Entry Pathway? Karena program ini mempersiapkan siswa untuk bisa lebih memberikan kepastian untuk berhasil mengikuti program perkuliahan di university. Mereka kemudian lulus program S1 dengan nilai tinggi dan mendapat pekerjaan yang menantang dan memuaskan.

Sebenarnya prinsip program university entry pathway ini sangat penting dan bisa juga diterapkan di Indonesia. Program BIMBEL di Indonesia hanya mengantar siswa agar diterima, namun alangkah baiknya bila juga “mengantar” mereka berhasil melewati tahun pertama perkuliahan, seperti pada program University Entry Pathway ini.

Program University Entry Pathway berlangsung selama 1 tahun dan menjadi pengganti tahun pertama, sehingga selesai pathway program, siswa bisa langsung melanjutkan ke tahun ke dua di university. Ada beberapa program bahkan bisa dilakukan kurang dari 1 tahun, sehingga malah membuat total waktu kuliah menjadi lebih pendek. Biaya lebih murah dibandingkan biaya kuliah program di university. Bila melihat keuntungan pada nomor (2) di atas, maka uang kuliah tahun pertama menjadi lebih murah. Ada pula yang bisa dilakukan lebih awal, yaitu setelah siswa selesai kelas 2 SMA (kelas 11) sehingga memungkinkan siswa menyelesaikan kuliah S1 lebih cepat dari teman-teman seangkatannya.

MBA Pratama menawarkan berbagai program pathway untuk masuk ke berbagai university di berbagai negara tujuan. Masing-masing juga menyelenggarakan program persiapan bahasa Inggris sehingga anda tidak perlu khawatir dengan nilai TOEFL atau IELTS anda saat ini. Beberapa yang sangat diminati antara lain:

Foothill + De Anza

Community College ini sangat terkenal untuk mengantar mahasiswa masuk ke berbagai university papan atas di USA. Terletak di Sillicon Valley, college ini menawarkan program pathway selama 2 tahun yang dapat menggantikan 2 tahun pertama pada university yang dituju. Dengan demikian mahasiswa hanya membutuhkan 2 tahun lagi untuk menyelesaikan program bachelornya.  Selama 2 tahun pertama di college ini, biayanya hanya USD 7rban per tahun.

Ada lebih dari 100 university papan atas USA yang menerima lulusan Foothill + De Anza College, antara lain University of California Berkeley, UCLA, Columbia University, Pepperdine University, California Institute of Technology, MIT, Yale, Cornell, Purdue University dan masih banyak lagi.

FLS International meng-operasi-kan 5 community college di negara bagian California dan 1 community college di negara bagian Massachusetts. FLS sangat terkenal untuk mengantar mahasiswa dari berbagai negara termasuk negara-negara Timur Tengah, Jepang, RRC, Taiwan, Korea Selatan dan Rusia. Seperti rata-rata community college di US, FLS menawarkan program pathway selama 2 tahun yang dapat menggantikan 2 tahun pertama pada university yang dituju. Dengan demikian mahasiswa hanya membutuhkan 2 tahun lagi untuk menyelesaikan program bachelornya.  

FLS memiliki kerjasama transfer langsung dengan semua kampus University of California, California State University, Boston University, semua kampus Uni. Massachusetts, Northeastern Uni. dan Suffolk Uni.

FLS juga menyelenggarakan program persiapan bahasa, testing preparation (TOEFL, IELTS dan SAT) dan program sekolah menengah (high school) bagi yang memilih untuk berangkat studi di US sebelum menyelesaikan pendidikan SMA atau SMK di Indonesia.

Taylors College menyediakan program persiapan masuk langsung ke universitas papan atas di Australia dan New Zealand dalam bentuk program foundation maupun diploma. Program persiapan di dalam kampus universitas yang dituju masing-masing sehingga calon mahasiswa dapat langsung menggunakan fasilitas kampus tersebut.

Program Diploma diberikan untuk masuk ke Uni. Western Australia yang memungkin lulusan masuk ke tahun ke 2 program bachelor. Terdapat 2 program yaitu Diploma of Business untuk meneruskan ke program bachelor of business dan bachelor of commerce. Satu lagi adalah Diploma of Science untuk meneruskan ke program bachelor of science.

Taylors juga menyelenggarakan program high school untuk kelas 10, 11 dan 12 di kota Sydney, Australia. Program ini cocok bagi pendaftar yang ingin berangkat lebih awal untuk studi di Australia dan menyelesaikan pendidikan SMA untuk kemudian langsung masuk ke universitas pilihannya di Australia.

Satu lagi penyelenggara Uni Entry Pathway yang HOT, menerima siswa dari segala penjuru dunia baik dari benua Asia, Eropa, Afrika, Amerika bahkan juga dari Australia dan New Zealand. Phoenix Academy memiliki kerjasama jalur masuk langsung dengan universitas negeri di kota Perth, Western Australia yaitu: University of Western Australia, Curtin, Murdoch dan Edith Cowan untuk program business, commerce dan media communication. Selain itu, lulusan Phoenix Academy juga telah diterima di berbagai universitas negeri Australia seperti Monash, La Trobe, Taylors, Central Queensland dan banyak lagi. 

Untuk yang sudah menyelesaikan kelas 12 dapat mendaftar ke program Diploma of Business selama 9 bulan lalu melanjutkan ke tahun kedua pada program university.  Program Diploma of Business ini juga sebuah kualifikasi yang bisa digunakan untuk bekerja (work-ready).  Bagi siswa yang baru menyelesaikan kelas 11 akan memiliki pilihan lebih menarik yaitu mendaftar ke program Certificate IV in University Preparation selama 6 bulan, lalu melanjutkan ke program Diploma of Business selama 6 bulan untuk kemudian melanjutkan ke tahun kedua pada program university. 

Phoenix menerima siswa 4 kali dalam setahun, yaitu Januari, April, Juli dan September. Bagi anda yang sedang duduk di kelas 12 dan memiliki minat untuk studi di bidang business, commerce dan media communication di salah universitas negeri di Perth dapat mempertimbangkan untuk segera mengikuti program di Phoenix Academy.