MBA

Master of Business Administration

Master of Business Administration atau lebih dikenal dengan MBA adalah program studi Strata 2 bagi anda yang ingin menggeluti bidang management dan business. Program MBA terbuka bagi lulusan S1 dari bidang studi apapun. Program studi MBA bersifat interdisiplin yang membahas segala aspek yang dibutuhkan untuk mengelola usaha seperti akuntansi, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, ekonomi, psikologi dan lain sebagainya. Spesialisasi MBA juga ditawarkan berdasarkan sektor industri, seperti MBA untuk perhotelan dan pariwisata atau MBA untuk industri logistik dan perkapalan.

Biaya kuliah program MBA juga dikenal lebih tinggi bila dibandingkan dengan biaya kuliah program master bidang manajemen yang lain. Namun peminat MBA masih tinggi karena terbukti telah mampu mengantarkan lulusannya menjadi entrepreneur sukses atau eksekutif perusahaan internasional dengan prospek karir dan gaji yang tinggi.

MBA Pratama menawarkan program MBA dari berbagai universitas bermutu internasional di Australia, New Zealand, USA, Canada, Inggris, Spanyol dan Swiss dimana dunia usaha mereka sudah mendunia.  Hal ini memungkinkan anda untuk mendapatkan pengalaman langsung melalui studi kasus dan program magang yang menjadi bagian dari program. Selain itu, anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan business networking yang akan berguna bagi perkembangan usaha atau karir manajemen anda nantinya. Dan tidak kalah penting bahwa sebagai lulusan MBA di negara-negara ini akan sangat meningkatkan profil profesional anda dan bisa membuka peluang kerja yang menarik dimanapun di dunia.

Berikut adalah beberapa program studi MBA yang sangat diminati saat ini:

MBA di UTAS

Untuk anda yang memiliki gelar S1 dan sudah memiliki pengalaman kerja min 2 tahun serta, universitas negeri tertua ke 4 di Australia ini menawarkan 2 pilihan program MBA:

  • International MBA (lama program 2 tahun) dengan pilihan spesialisasi Entreprenurship, Finance, Marketing and Business Research. Biaya kuliah 2019 AUD 34.450 per tahun. Syarat kemampuan bahasa setara min IELTS 6.5 (6.0) 
  • MBA bidang pelayaran dan logistik untuk 2 tahun atau 1,5 tahun. Program ini ditujukan bagi profesional di bidang logistik, pelayaran, teknologi perkapalan dan perikanan.  Contoh modul perkuliahan seperti supply chain management, maritime economics, maritime laws, port management,shipyard management, marine superintendency, aquaculture technology, fisheries, ship design dan management of engineering projects. Biaya kuliah berkisar antara AUD 26.000 - 34.000 per tahun. Syarat kemampuan bahasa setara min IELTS 6.0 (6.0) 

Pada masing-masing program terdapat masa magang (internship). Lulusan MBA dari UTAS sangat diminati oleh berbagai perusahaan di Australia dan terutama di Tasmania dan memiliki peluang besar untuk menjadi permanent resident di Tasmania. Tersedia beasiswa sebesar 100%, 50% dan 25% dari biaya kuliah. 

Tentang University of Tasmania 

MBA oleh USC

University of the Sunshine Coast adalah sebuah universitas negeri terkemuka di Australia. universitas ini menyelenggarakan program MBA di kota Sydney dan Melbourne dengan biaya AUD 26.600 per tahun. Terdapat 2 pilihan sebagai berikut: 

  • Standard MBA (lama program 1,5 tahun). Syarat penerimaan mahasiswa program ini adalah memiliki gelar S1 dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun serta kemampuan bahasa Inggris minimal setara IELTS 6.5 (6.0) 
  • Extended MBA (lama program 2 tahun), ini adalah program standard MBA dengan penambahan mata kuliah sebagai pengganti syarat pengalaman kerja minimal 2 tahun. Dengan demikian syarat penerimaan mahasiswa adalah gelar S1 dengan kemampuan bahasa Inggris setara minimal IELTS 6.5 (6.0).

Mahasiswa program MBA dapat memilih satu spesialisasi dari pilihan berikut: Project Management, Supply Chain Management, International Business, Health Sector Business Management, Entrepreneurship and Innovation Management, Management atau Marketing.