Maritime and Logistics

Bidang Ilmu Kelautan dan Logistik

>

Bila laut adalah tempat yang menggairahkan bagi anda dan ingin terjun ke dunia profesi kelautan dan logistik, maka sangatlah tepat anda mengunjungi website ini untuk mendapatkan ulasan yang tuntas.

Profesi Menantang

Bekerja di laut adalah sangat menantang namun dengan imbalan yang tinggi. Menantang karena laut bukanlah lingkungan hidup alami bagi manusia yang merupakan mahluk darat sehingga menuntut kedisplinan serta komitmen yang tinggi. Namun tidak perlu khawatir karena semua tantangan ini akan dapat diatasi oleh berbagai pelatihan dan pendidikan yang sesuai.

Highly Rewarding

Profesi kelautan nasional Indonesia sudah bisa memberikan imbalan besar, terutama dibidang pelayaran. Bila kita terlusuri berbagai artikel didalam jaringan internet, gaji pelaut di Indonesia pada tahun 2018 dimulai dengan rata-rata Rp 6 jt per bulan. Sedangkan untuk perwira bisa diatas Rp. 10 jt.. Profesi kelautan internasional diakui bisa memberikan imbalan yang jauh lebih besar dan dengan profesi yang lebih banyak, tidak hanya pelaut saja (seafaring). Untuk bisa masuk kedalam profesi kelautan tingkat internasional akan jauh lebih mudah bila kita mengikuti pendidikan dan pelatihan bertaraf internasional. Selain kurikulumnya yang sudah mengikuti kebutuhan profesi internasional, bahasa Inggris juga tidak akan menjadi kendala.

Berikut adalah informasi beberapa profesi kelautan internasional

Seafaring MBA Pratama

Mari kita mulai dengan profesi yang ada padanannya di Indonesia, yaitu pelaut. Lulusan program studi pelayaran internasional dapat mencari kerja sebagai pelaut untuk kapal-kapal besar lintas samudra, seperti kapal peti kemas, kapal barang curah (kering ataupun tanker) dan bahkan kapal pesiar besar. Menurut work.chron.com gaji pelaut internasional berada pada kisaran US$ 25 ribu hingga US$ 175 ribu per tahun dengan rata-rata kebanyakan pada kisaran US$ 66 ribu.

Di dunia pelayanan internasional “pelaut” dispesialisasikan sebagai berikut:

  • Deck Officer: bertugas mengatur navigasi kapal serta pengendalian seluruh tugas-tugas dikapal. Kompetensi ini dapat diperoleh melalui program studi Bachelor of Applied Science (Nautical Science)
  • Marine Technical Engineer: bertanggung jawab atas perawatan mesin kapal serta perangkat mekanis lainnya. Kompetensi ini dapat diperoleh melalui program studi Bachelor of Applied Science (Marine Engineer)
  • Marine Electrical and Electro Officer: bertanggung jawab atas pewaratan sistem pelistrikan dan perangkat elektronik yang ada diatas kapal. Kompetensi ini dapat diperoleh melalui program studi Bachelor of Applied Science (Marine Electrical Engineer)

Informasi Bagi anda yang sudah memiliki kualifikasi non-gelar di Indonesia dan ingin membuka peluang kerja di luar negeri dapat mengikuti program-program ini.

Bagi yang sudah memiliki gelar sarjana pelayaran di Indonesia dan ingin membuka peluang yang lebih besar untuk kerja diluar negeri sebagai manager operasional perkapalan dapat mengikuti program Master of Applied Science (Shipping Operation Management).

Marine Engineering

Industri perkapalan melakukan pembuatan kapal baru serta perawatan kapal secara berkala baik untuk kebutuhan komersil maupun angkatan laut. Segmen baru saat ini menunjukan permintaan untuk kapal-kapal pesiar kecil dan menengah untuk kepimilikan pribadi atau yang dikenal dengan yatch.

Menurut payscale.com, gaji per tahun profesi ini antara US$ 58 ribu – 119 ribu, dengan rata-rata kebanyakan digaji pada kisaran US$ 77 ribu.

Untuk yang belum memiliki gelar sarjana dapat mengikuti program studi Bachelor of Engineering (Marine Engineering) untuk mendapat peluang menjadi seorang Ocean/Marine Engineer di dunia internasional. Bagi anda yang sudah memiliki gelar sarjana teknik di Indonesia dan ingin membuka peluang kerja diluar negeri pada target pendapatan menengah keatas, dapat mengikuti program Master of Maritime Engineering.

 

Logistik

Bachelor of Global Logistics and Maritime Management mempersiapkan anda untuk terjun ke industri logistik internasional. Program ini melibatkan prinsip-prinsip bisnis (keuangan, pemasaran, ekonomi, hukum dagang dan manajemen strategis) dengan mata-mata kuliah industri kelautan, logistik, procurement, supply chain dan trransportasi.  

Jenjang pendidikan Bachelor (S1)
Lama Program 3 tahun
Biaya kuliah TBA Ubah ke Rp 
Kampus University of Tasmania, Launceston (00586B)
Penerimaan Semester 1 & 2
Syarat Pendaftaran Kualifikasi SMA3/Year 12/O level atau lainnya yang setara 
ELTS Minimal setara 6.0 (5.5) 
CRICOS Code 095526F

Info selengkapnya