Pada tanggal 08 Mei 2020 telah diadakan rapat kabinet tingkat nasional untuk membahas pelonggaran pembatasan sosial sehubungan dengan wabah COVID-19 yang akan mulai dilakukan pada bulan-bulan mendatang. Salinan siaran pers dan rencana untuk membuka Australia kembali dapat dilihat disini (dalam bahasa Inggris).

Sejalan dengan hal tersebut, Perdana Menteri negara bagian NSW, Gladys Berejiklian pada tanggal 14 Mei 2020 mengumumkan pelonggaran PSBB di negara bagian NSW mulai Jumat, 15 Mei 2020. KLIK DISINI untuk mempelajari apa yang "BOLEH" dan "TIDAK BOLEH" anda lakukan sesuai dengan peraturan kesehatan masyarakat di NSW.

Situs resmi pemerintah NSW tentang COVID-19 kini telah menyertakan peta lokasi kasus dan arahan bagi lembaga pendidikan dan siswa/mahasiswa internasional. Pemerintah akan terus memberikan update kepada masyarakat mengenai pengumuman dari Perdana Menteri sehubungan dengan PSBB di NSW.

Study NSW saat ini bekerja sama dengan Study Australia Partners untuk memberikan bantuan kesejahteraan bagi para siswa/mahasiswa internasional. Pemerintah akan terus mengidentifikasi berbagai kebutuhan siswa/mahasiswa internasional melalui berbagai instansi pemerintah dan mengusahakan berbagai tambahan bantuan kesejahteraan di tengah wabah ini.

Situs Pusat Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa Internasional Pemerintah sudah menyertakan informasi mengenai pelayanan dukungan yang tersedia bagi siswa/mahasiswa international di Sydney dan daerah lain di NSW. Situs ini selalu diperbaharui dan berbagai komunitas pendidikan agar selalu terhubung dengan Study NSW on Facebook, Instagram dan Twitter untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pendidikan bagi siswa/mahasiswa internasional di NSW di tengah wabah COVID-19.

Pemerintah NSW telah menerapkanpelarangan sementara kepada para pemilik kamar atau rumah melakukan pengusiran para penyewa karena tunggakan pembayaran sewa dan keringanan tagihan energi sehubungan dengan merebaknya wabah COVID-19. Siswa/mahasiswa internasional juga mendapatkan manfaat yang sama dari kebijakan ini.

Pemerintah NSW juga telah bermitra dengan Pusat Relawan untuk membuka situs baru tentang menjadi relawan untuk membantu kelompok masyarakat yang rentan terhadap dampak COVID-19. Para relawan dan organisasi dapat melakukan pendaftaran pada situs baru Emergency Support Volunteering website untuk terlibat membantu anggota masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Situs baru lainnya, new Job Match website juga dibuka untuk membantu mencari lowongan bagi mereka yang kehilangan pekerjaan karena wabah COVID-19.

Anti-Discrimination New South Wales telah membuka situs khusus COVID-19 dan keberadaaan di media sosial dengan tujuan untuk menghapus diskriminasi di NSW. Lembaga pendidikan dan organisasi masyarakat dapat mengikuti dan memberikan masukan pada Facebook, Twitter, LinkedIn dan buletin "the Equal Time". Multicultural NSW juga mendorong komunitas pesan positif di media sosial dan melalukan kampanye Hilangkan Kebencian dalam Perdebatan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai COVID-19 di NSW, kunjungi www.nsw.gov.au/covid-19.

Sumber: NSW Government


Magazine - Other articles