Menurut website milik Pemerintah Canada semua mahasiswa internasional (termasuk dari Indonesia) dapat mengajukan visa/ijin tinggal untuk bekerja secara full time, bahkan menjadi penduduk tetap (permanent resident/PR), setelah menyelesaikan program pendidikannya di Canada 

Post-Graduation Working Permit (PGWP)

Ini adalah visa kerja yang dapat kita ajukan setelah kita lulus kuliah di Canada. Pengalaman kerja yang didapat diperlukan sebagai salah syarat mengajukan PR.

Kita harus mengikuti perkuliahan dan lulus dari program studi yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga pendidikan yang termasuk dalam daftar "designated learning institutions (DLIs)".  Kualifikasi minimum yang diraih adalah diploma atau Skill Level B dalam National Occupational Classification (NOC) Canada. 

Batas waktu untuk mengajukan PGWP adalah 180 hari setelah kita mendapatkan hasil akhir perkuliahan. Lama kuliah minimum untuk memenuhi syarat PGWP adalah 8 bulan. Masa berlaku PGWP yang diberikan akan disamakan dengan lama perkuliahan yang dilakukan.  Contohnya, apabila kita menyelesaikan program studi berdurasi 9 bulan, maka kita akan mendapatkan PGWP yang berlaku selama 9 bulan juga.  Bila program studi yang kita ikut adalah selama 2 tahun atau lebih, maka masa berlaku PGWP yang akan kita dapatkan adalah 3 tahun.

Kita juga dapat menggabungkan lebih dari satu program studi dan mendapatkan masa berlaku PGWP selama total masa studi gabungan. Masing-masing program studi harus minimal berdurasi 8 bulan.  PGWP hanya bisa diberikan satu kali dan tidak dapat diperpanjang.

Untuk memenuhi syarat pengalaman kerja saat mengajukan PR, sangat disarankan untuk memilih program studi berdurasi minimal 2 tahun. 

Mengajukan Permanent Resident

Ada beberapa jalur untuk menjadi PR setelah menyelesaikan kuliah dan mendapatkan pengalaman kerja di Canada.  Sebelum membandingkan jalur mengurus PR, perlu dipahami terlebih dahulu dua hal penting berikut:

Kemampuan bahasa

Ada sebuah standard kemampuan bahasa di Canada yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan bahasa untuk para imigran yang disebut Canadian Language Benchmark (CLB). 

Kualifikasi kerja  

Standard kualifikasi kerja harus sesuai dengan uraian dalam National Occupation Classification (NOC) Canada yang disusun berdasarkan jenis dan tingkat ketrampilan yang dibutuhkan di Canada. Berikut adalah kelompok utama kualifikasi kerja dalam NOC (D adalah tingkat terendah):

  • Skill Type 0 (zero): fungsi managerial
  • Skill Level A: kualifikasi profesional yang dengan gelar minimal S1
  • Skill Level B: kualifikasi ketrampilan vokasi yang biasa didapat dari program diploma 
  • Skill Level C: kualifikasi ketrampilan kerja menengah yang biasa ditandai dengan ijazah SMA atau sertifikasi pelatihan tertentu
  • Skill Level D: kualifikasi ketrampilan kerja perburuhan yang biasa didapat dari pelatihan di tempat kerja

ANU College Foundation Programs

Express Entry Programs  (Canadian Experience Class)

Salah satu syarat utama untuk jalur ini adalah pengalaman kerja yang dibayar selama total min 1 tahun di Canada dalam kurun waktu 3 tahun kita mengajukan pengurusan PR. Pekerjaan ini bisa bersifat full-time (30 jam/minggu) atau part-time (15 jam/minggu). Jenis pekerjaan yang dilakukan minimal pada Skill Level B.  Magang termasuk program co-op program tidak ikut diperhitungkan.

Uraian kerja dari pengalaman kerja yang telah dilakukan akan dicocokan dengan uraikan kerja dalam NOC dan harus ada bukti pendukung (surat keterangan kerja, work certificate atau bentuk lainnya). 

Memiliki kualifikasi pendidikan Canada akan meningkatkan nilai kita dalam mengajukan PR. Kemampuan bahasa yang disyaratkan adalah CLB 7 untuk pemohon dengan skill type 0 dan skill level A, atau CLB 5 untuk pemohon dengan skill level B.

Rural and Northern Immigration Pilot (RNIP)

Untuk memenuhi syarat RNIP Program, kita harus memilih untuk kuliah, lulus dan kemudian menetap di salah satu kota yang berpartisipasi:

  • North Bay, ON
  • Sudbury, ON
  • Timmins, ON
  • Sault Ste. Marie, ON
  • Thunder Bay, ON
  • Brandon, MB
  • Altona/Rhineland, MB
  • Moose Jaw, SK
  • Claresholm, AB
  • Vernon, BC
  • West Kootenay (Trail, Castlegar, Rossland, Nelson), BC

Ada beberapa persyaratan tambahan yang diberlakukan oleh masing-masing kota. Apabila kita memenuhi semua persyaratan RNIP maka kita dapat langsung mencari pekerjaan yang di kota tersebut. Pemohon harus memiliki kualifikasi skill type/level 0, A and B dengan kemampuan bahasa minimal CLB 6 untuk pemohon dengan skill type 0 dan skill level A, atau CLB 5 pemohon dengan skill level B.

Atlantic Improvement Pilot Program (AIPP)

AIPP adalah jalur PR untuk mahasiswa internasional yang lulus dan ingin tinggal di salah satu dari 4 provinsi Canada berikut:

  • Newfoundland and the Labrador
  • Prince Edward Islands
  • Nova Scotia
  • New Brunswick

Pemohon harus kuliah dan lulus dari salah satu lembaga pendidikan negeri, dan mendapat penerimaan kerja minimal 1 tahun kontrak di salah satu provinsi tersebut. Tidak diharuskan memiliki pengalaman kerja. Kemampuan bahasa yang disyaratkan adalah minimum CLB 4

Hubungi kami untuk memilih dan mendaftarkan pada program studi yang sesuai di Canada

 


Magazine - Other articles