Seluruh pulau adalah kampus anda

Tasmania di Australia adalah sebuah pulau yang penuh dengan kreatifitas dan keingintahuan. Darimanapun asal anda, saat bergabung dengan kami, anda menjadi bagian dari sebuah komunitas yang sangat ramah yang bekerja mencapai tujuan bersama.

Kisah kami dimulai 130 tahun yang lalu, dalam sebuah gedung bersejarah diatas kota Hobart. Sejak masa awal universitas ini, dengan tidak ruang kuliah dan 11 mahasiswa tujuan kami tetap sama: Melalui keunggulan akademis kita bangun tempat tinggal rumah dan dunia menjadi lebih baik.

Disini, keberhasilan membutuhkan kemauan dan imajinasi. Karena kami hidup terpisah dari benua Australia dengan jumlah penduduk yang sedikit, kami memiliki cara kerja yang berbeda. Inilah yang membuat orang Tasmania memiliki kemampuan berpikir kreatif dan memecahkan masalah. Hal ini terlihat dari banyaknya pemikiran dan ide-ide yang kuat dari pulau Tasmania.

Kreatifitas kami mampu memanfaatkan kondisi tanah dan laut tempat tinggal kami sehingga universitas kami memimpin dalam penelitian bidang kedokteran, pertanian, kemasyarakatan dan kelestarian lingkungan. Meskipun kami kecil, namun kami mampu menguji ide-ide besar yang menghasilkan hasil penelitian yang sangat bermanfaat bagi dunia.

Kami menyambut anda para pencari pengetahuan baik dari tempat yang dekat maupun yang jauh dari Tasmania, untuk bergabung dengan perjuangan kami. Semua mahasiswa kami menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penduduk Tasmania, dan seluruh pulau ini adalah kampusnya.

Kami adalah University of Tasmania (CRICOS Provider Code 00586B).

Kehidupan kampus

Universitas tidak hanya soal belajar. Tetapi sebuah pengalaman tak terlupakan yang dapat mengucah cara kita memandang dunia. Oleh sebab itu kami selalu mendorong anda untuk menjelajahi diluar batas-batas ruang perkuliahan dan mengambil bagian dalam kesempatan sosial yang tersedia. Anda dapat mengenal orang lain melalui berbagai kegiatan, olah raga, kesempatan menjadi relawan dan banyak lagi.

UTAS memiliki kampus-kampus yang tersebar di 4 kota di Australia: Hobart di selatan, Launceston di utara dan Burnie di timur laut. UTAS juga memiliki kampus di kota Sydney. Masing-masing kampus dilengkapi dengan fasilitas kelas dunia termasuk perpustakaan dan akomodasi mahasiswa.  

Mahasiswa internasional menerima dukungan dari kantor yang secara khusus diperuntukan untuk mahasiswa internasional di kampus (international office). 

Terkini tentang COVID-19

Karena negara bagian Tasmania adalah salah satu negara bagian dengan kasus corona terendah kegiatan kampus secara tatap-muka sudah dimulai bagi staf dan mahasiswa yang sudah berada di Tasmania.  Semua perpustakaan telah buka seperti biasa, tutorial dalam kelompok kecil secara tatap-muka sudah mulai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.  Perkuliahan umum masih dilakukan secara daring.

Bagi mahasiswa internasional yang masih berada di luar Australia, perbatasan negara Australia masih tertutup untuk pengunjung dari luar negeri. Apabila anda mendaftar untuk kuliah on-campus di UTAS namun belum diperbolehkan untuk mengunjungi Australia, maka anda akan mengikuti perkuilahan secara daring. Anda tetap harus mengurus student visa setelah mendapat penerimaan agar siap berangkat ke Australia segera setelah perbatasan dibuka.

Menetap di Tasmania sebagai Lulusan UTAS

Mahasiswa internasional yang lulus daru UTAS diperbolehkan untuk memperpanjang ijin tinggal mereka di Tasmania dengan visa kerja, dan nantinya bisa sebagai penghuni tetap (permanent residents).  Untuk informasi, silahkan menyimak video berikut.

Biaya dan Beasiswa

Mahasiswa internasional memilih berkuliah di UTAS juga karena biaya hidup yang rendah di Tasmania, biaya kuliah UTAS yang terjangkau dan ketersediaan beasiswa yang menarik.

  • Tasmanian International Scholarships (TIS) - potongan 25% biaya kuliah selama masa kuliah (dipilih berdasarkan nilai akademik). Beasiswa ini untuk mahasiswa semua program study kecuali Kedokteran (MBBS) dan Master of Public Accounting.
  • Dean of Medicine's Merit Scholarship - potongan 25% biaya kuliah selama masa kuliah untuk mahasiswa Kedokteran (MBBS) students (dipilih berdasarkan nilai akademik)
  • Destination Australia Scholarship - penerima beasiswa menerima hingga AUD 15,000 per year selama masa kuliah (dipilih berdasarkan penulisan essay)
  • Tasmanian School of Business and Economics (TSBE) Scholarship - potongan 50% biaya kuliah untuk mahasiswa program studi bisnis dan ekonomi

Rekomendasi Program Studi 

UTAS menawarkan lebih dari 100 program strata-1 dan lebih dari 150 program pascasarjana dalam berbagai disiplin ilmu. Semua program terakreditasi dan diakui oleh asosiasi profesi di Australia dan luar ngeri. 

Penelitian di UTAS mendapat peringkat 2% teratas di dunia dan rata-rata berada dalam jajaran 350 universitas ranking teratas dunia oleh semua sistem peringkat dunia 

Program Strata 1 (Undergraduate)

Bachelor of Business (Accelerated)

Program 6 semester ini dipercepat menjadi 2 tahun (3 semester per tahun). Diselenggarakan di kampus Launceston dan Hobart dengan 4 kali penerimaan dalam setahun.  Mahasiswa mendapat kesempatan corporate internships sebagai bagian dari program studi. Tersedia 8 pilihan major: Akuntansi, Ekonomi, Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen, Pemasaran, Perhotelan dan Pariwisata.

Bachelor of Global Logistics and Maritime Management

Program 3 tahun untuk membekali ketrampilan dan pengetahuan di bidang logistik dan perkapalan. 90% perdagangan dunia dikirim melewati laut oleh sebab itu kebutuhan akan tenaga profesional bidang Global Logistics and Maritime Management sangat dibutuhkan di seluruh dunia. Karir mereka rata-rata terus naik lebih dari hanya bekerja di pelabuhan.

Bachelor of Information and Communication Technology

Program 6 semester dengan fokus pada pengembangan profesional dan teknis dengan didukung oleh tim akademisi dan peneliti dengan kemampuan yang diakui secara internasional. UTAS juga menyediakan berbagai fasilitas berteknologi sebagai penunjang pengajaran.

 

 

 

Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery

Program 5 tahun (10 semester) untuk menjadi dokter umum dan dokter bedah. Tahun 1 - 3, mahasiswa akan mendapatkan pengajaran di kampus.  Kemudiaan pada tahun 4 & 5 mengikuti pelatihan di berbagai rumah sakit dan klinik (clinical rotations). Program ini merupakan salah satu program studi yang menerapkan kuota atas jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya.

Bachelor of Nursing

Program 3 tahun untuk menjadi registered nurse di Australia. Program melibatkan kuliah di kampus dan praktek lapangan. Registered nurse sangat dibutuhkan di Australia, sehingga lulusan memiliki peluang untuk mendapat pekerjaan di Australia.

Bachelor of Pharmacy

Program 4 tahun untuk menjadi registered pharmasist (apoteker) di Australia. Program melibatkan kuliah di kampus dan praktek lapangan. Registered pharmasist sangat dibutuhkan di Australia, sehingga lulusan memiliki peluang untuk mendapat pekerjaan di Australia.

 

 

 

Bachelor of Architecture and Built Environments

Program 3 tahun untuk menjadi tenaga ahli arsitek dan tata ruang. Program melibatkan teknologi terbaru dalam rancangan dan penggunaan bahan yang ramah lingkungan. Arsitektur di UTAS adalah salah satu yang terbaik di Australia.

Bachelor of Engineering (Maritime)

Program 4 tahun untuk menjadi insinyur kelautan dengan pilihan spesialisasi: Perkapalan, teknik kelautan dan mekanikal-elektrikal kelautan.

Bachelor of Marine and Antartic Science

Program 3 tahun untuk dengan 5 spesialisasi, salah satunya adalah aquaculture (budidaya perikanan). Ilmuan di UTAS telah berhasil membudidayakan beberapa spesies yang selama ini tidak dapat di budidayakan, antara lain lobster yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Program Pasca Sarjana (Postgraduate)

Master of Business Administration (International)

Program pascasarjana 2 tahun akan membekali para profesional dengan ketrampilan bisnis yang terbaru. Mahasiswa MBA akan belajar mengenai pengambilan keputusan berdasarkan data, keuangan dan ekonomi untuk manajer, manajemen sumber daya manusia, manajemen dan kewirausahaandalam konteks internasional.

Master of Business Administration (International)

Program pascasarjana 2 tahun akan membekali para profesional dengan ketrampilan bisnis yang terbaru. Mahasiswa MBA akan belajar mengenai pengambilan keputusan berdasarkan data, keuangan dan ekonomi untuk manajer, manajemen sumber daya manusia, manajemen dan kewirausahaandalam konteks internasional.

Master of Information Technology and Systems

Program pascasarjana yang fleksibel dalam kurun waktu 2 tahun dengan fokus untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki lapangan kerja atau untuk menjadi peneliti. Program fleksibel ini menerima calon mahasiswa dengan atau tanpa lata pendidikan S1 bidang Telematika.

 

 

Master of Laboratory Medicine

Program pascasarjana selama 2 tahun untuk mempersiapkan para mahasiswa dengan pemahaman teori dan ketrampilan untuk menjadi Tenaga Ahli di bidang Laboratorium Kedokteran (Medical Laboratory Scientists) pada laboratorium patologi atau laboratorium diagnosa/penelitian kedokteran lainnya (Pengalaman Profesi) dan sekaligus memberikan pengalaman penelitian yang relevant (Pengalaman Penilitan). 

Master of Maritime Engineering (Naval Engineering)

Program pascasarjana selama 1.5 tahun ini menawarkan beberapa spesialisasi termasuk Maritime Design, Naval Engineering dan Maritime Technology Management.


Team members

Sample image

Yoseph Yandra

Direktur Utama
kirim email
Sample image

Iskandar A. Samad

Perwakilan, Banda Aceh
kirim email
Sample image

Purwanti Ernantriana

Perwakilan, Jakarta Timur
kirim email
Sample image

Euphrasia Desy

Perwakilan, Jakarta Barat
kirim email
Sample image

Yusuf Chandra

Perwakilan, Bandung
kirim email
Sample image

Stefylin Luntungan

Perwakilan, Manado
kirim email
Sample image

Evy Rosriani

Perwakilan, Bogor
kirim email