Info Australia

 

Kalau soal kuliah sambil kerja paruh waktu (part-time) sambil kuliah di Australia, itu sudah menjadi pengetahuan umum. Hal ini sudah sejak lama menjadi daya tarik bagi para calon mahasiswa, bukan karena sejedar untuk mendapatkan tambahan uang saku yang sangat lumayan, tetapi juga pengalaman berharga yang dapat membentuk sikap dan perilaku yang benar sebagai profesional.

Visa Kerja bagi Lulusan

Tahukah anda, bahwa ada manfaat yang lebih menarik dari kuliah di Australia? Yaitu: Kerja penuh waktu (full-time) setelah lulus kuliah di Australia. Dengan visa kerja tentunya

Visa ini sudah diberlakukan sejak tahun 2013 bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan tinggal di negara itu dengan visa kerja. Dengan visa ini, anda bebas melakukan pekerjaan apapun (yang tidak melanggar hukum tentunya) secara full time. Visa kerja ini harus diajukan dalam waktu 6 bulan setelah lulus.

Terdapat dua jenis visa:

  1. Post-Study Working Visa (PSWV)  bagi lulusan university dengan lama berlaku sesuai dengan jenjang pendidikan yang diselesaikan sebagai berikut
    • Bachelor Degree (S1) selama 2 tahun
    • Master (S2) selama 3 tahun
    • Doctoral/PhD (S3) selama 4 tahun
  2. Graduate Working Permit (GWP) bagi lulusan program vocational diploma dari TAFE atau college swasta lainnya. Lama berlaku visa GWP adalah 18 bulan.

PSWV tidak membatasi jenis bidang studi dimiliki lulusann namun untuk GWP  harus lulus bidang studi yang sesuai dengan jenis ketrampilan yang dibutuhkan.

Bisa Kuliah dengan Visa PSWV dan GWP

Manfaat lain dari masing-masing visa ini adalah mengijinkan anda menjadi mahasiswa untuk mengikuti pelatihan atau perkuliahan secara paruh waktu (part-time) dengan biaya per credit yang rata-rata lebih murah apabila dibandingkan biaya untuk pemegang student visa.

Mencari lowongan

Pencarian lowongan pekerjaan menjadi tanggung jawab anda. Namun ini tidaklah perlu dikhawatirkan karena anda tidak sendiri dalam mencari lowongan.

  • Peluang kerja dari dari masa kuliah - pada masa perkuliahan anda melalui masa magang selama 1 semester. Lakukanlah masa magang ini dengan sangat baik, bahkan melebihi target akademis agar pihak perusahaan dengan senang hati menawarkan pekerjaan kepada anda setelah lulus nanti.
  • Bantuan dari Career Officer / Bimbingan Karir Kampus – setiap  kampus yang diwakili oleh OSCO menawarkan jasa bimbingan karir tanpa biaya bagi para mahasiswa.  Mereka akan memberikan arahan bagaimana mempersiapkan lamaran dan mencari pekerjaan
  • Dukungan dari OSCO – sebagai mahasiswa OSCO, anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan arahan tentang lowongan yang tersedia, mengurus nomor wajib pajak (tax file number) dan lainnya.

Hubungi OSCO untuk informasi lebih lanjut untuk kuliah dan kerja di Australia.

Simak juga informasi berikut:

Informasi Beasiswa

Persiapan Bahasa Inggris

Covid-19 dan Belajar di Australia

Gelar Bachelor setara dengan S1 di Indonesia

Gelar pendidikan Bachelor di Australia setara dengan gelar S1 di Indonesia. Meskipun program bachelor di Australia pada beberapa bidang studi hanya membutuhkan 3 tahun untuk menyelesaikannya, lulusannya sudah memenuhi syarat akademis untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan master (S2) di Australia dan banyak negara barat lainnya.

Peluang Kerja Lulusan Bachelor bidang Technologi Informasi atau Komputer

Lulusan bidang studi Teknologi Informasi dan Komputer sangat diminati saat ini, hingga satu dasawarsa kedepan. Hal ini dikarenakan kebutuhan teknologi informasi dan komputer yang sangat tinggi di segala bidang pekerjaan. Australia juga sangat membutuhkan tenaga ahli informasi teknologi dan komputer. Keahlian ini termasuk dalam daftar ketrampilan untuk mendapatkan permanent resident di Australia.

Kuliah di Non-Metropolitan Area

Bagi anda yang ingin bekerja di Australia setelah lulus kuliah, atau bahkan mendapatkan status permanent residence di kemudian hari, dapat mempertimbangkan kuliah di bidang IT pada universitas yang terletak di non-metropolitan area. Anda akan mendapatkan tambahan 1-2 tahun saat mengajukan Post Study Working Permit, dan mendapat point tambahan saat mengajukan permohonan permanent resident. Ditambah dengan kenyataan bahwa keahlian teknologi informasi dan komputer sangat diperlukan di Australia, besar peluang anda untuk dapat bekerja dan menetap di Australia setelah lulus nanti.

Pemerintah Australia juga menyediakan beasiswa Destination Australia sebesar AUD 15.000 per thn bagi mahasiswa internasional yang memilih untuk kuliah di non-metropolitan area.

Peringkat Universitas di Australia dengan Biaya Kuliah program Teknologi Informasi atau Komputer Terendah

Bila anda membelinya melalui OSCO akan kami bantu untuk menggantinya tanggal mulai dan berakhirnya.

Bila anda membeli Overseas Student Health Cover (OSHC) anda dari universitas tempat anda belajar, mohon segera menghubungi mereka langsung.

Apakah ada batas berapa kali tanggal OSHC dapat diubah?

Tidak ada batasan berapa kali tanggal OSHC dapat diubah.

Apakah OSHC bisa digunakan untuk COVID -19 (Novel Coronavirus)?

OSHC dapat digunakan untuk mengganti biaya pengobatan COVID-19 di Australia, yaitu untuk perawatan rawat inap dan rawat jalan termasuk biaya obat dan perawatan UGD.

Batas, pengecualian serta syarat dan ketentuan berlakui. Masa tunggu (waiting periods) juga berlaku untuk perawatan penyakit yang sudah ada sebelum memegang OSHC (treatment for pre-existing conditions).

KLIK DISINI untuk mendapatkan informasi biaya OSHC untuk pengurusan visa student anda ke Australia.