Info Amerika Serikat

SBMPTN adalah ujian seleksi masuk secara nasional untuk bisa masuk ke PTN di Indonesia. Meskipun calon mahasiswa baru dapat melakukan persiapan SBMPTN secara mandiri, sebagian besar akan mengikuti persiapan di lembaga BIMBEL sebelum mengikuti SBMPTN, terutama mereka yang menargetkan PTN favorit papan atas.

Bagaimana proses penerimaan mahasiswa baru bagi warga negara Indonesia lulusan SMA atau IB atau A level dengan di Amerika? Ternyata tidak sesederhana seperti yang dilakukan di Indonesia.

Tidak ada satu sistem penerimaan nasional di Amerika bagi mahasiswa asing/non US residence. Proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan oleh masing-masing universitas. Memang ada 2 kriteria penerimaan yang nampaknya berlaku di hampir semua universitas Amerika, yaitu standard nilai kelulusan dan hasil test bahasa. Namun ada kriteria-kriteria lain yang menjadi keunikan masing-masing universitas.
 
Apalagi bila bicara tentang penerimaan oleh universitas papan atas di Amerika seperti 8 universitas dalam Ivy League (Harvard, Brown, Yale, Princeton, Pennsylvania, Darthmouth, Cornell dan Columbia), MIT, UC dan lainnya, kriteria-kriteria tambahan akan dicantumkan. Mari kita intip kriteria penerimaan UC: https://admissions.berkeley.edu/international-students
 
Ternyata banyak faktor yang harus dipertimbangkan ya. Inilah tugas OSCO, yaitu memberikan bimbingan dan bahkan SOLUSI.
 
SOLUSI bagi anda atau putra-putri anda yang berencana untuk mencari penerimaan sebagai freshman (lulusan SMA/high school) di USA: Program University Entry Pathway melalui community college.
 
Persyaratan masuknya jauh lebih mudah daripada direct entry ke universitas, baik dari segi persyaratan akademis maupun bahasa. Tidak saja itu, melalui proses pembelajaran di community college, calon mahasiswa menerima berbagai pembekalan agar memiliki kemampuan akademis untuk mengikuti perkuliahan di universitas.  
 
Program University Entry Pathway di community college TIDAK menambah waktu kuliah. Foothil De Anza (FHDA) adalah salah satu community college yang telah berhasil mengantar lulusannya masuk ke universitas papan atas seperti Harvard, Princeton atau Yale. FHDA memiliki kerjasama dengan para universitas papan atas ini agar kredit FHDA dapat ditransfer. Bahkan dengan beberapa universitas FHDA memiliki kerjasama 2 year college + 2 year university = bachelor degree. Dan dengan biaya kuliah di FHDA yang jauh lebih murah daripada biaya kuliah di universitas manapun di Amerika, tentunya mahasiswa dan orang tuanya otomatis mendapat pengurangan biaya kuliah pada 2 tahun pertama di FHDA. 
 
Bila kita kembali keawal tulisan ini, ternyata University Entry Pathway ini sangat mirip dengan sistem BIMBEL yang ada di Indonesia, BAHKAN LEBIH dari sekedar BIMBEL, karena ada kredit yang bisa ditransfer ke universitas dan dengan pembekalan selama proses perkuliahan di FHDA, para mahasiswa akan lebih siap dan lebih mampu untuk menyelesaikan perkuliahan dan lulus dengan nilai memuaskan. Pada akhirnya dengan memiliki ijazah kelulusan dengan nilai baik akan menambah peluang anda atau putra-putri anda untuk mendapatkan pekerjaan yang baik pula.
 
Silahkan menghubungi kami untuk informasi dan pendaftaran 
 
#mbapratama #studyinusa #kuliahluarnegeri #toefl #ielts #kuliahdiamerika #harvard #cornell #yale #princeton #fhda