Teaching and Education

Bidang Pendidikan dan Keguruan

>

Kita semua tentunya kenal dengan lagu "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" yang digubah sekitar tahun 1980an untuk menghormati para guru. Dulu memang seperti itu, tanda jasa seperti jauh dari jangkauan para guru yang sudah berkorban banyak untuk mencerdaskan bangsa. Sekarang guru di Indonesia adalah sebuah profesi dengan imbal jasa yang layak, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Bagaimana dengan kondisi di Australia? Rata-rata gaji guru baru di Australia sekitar AUD 55 ribu per tahun dan bisa mencapai AUD 100 ribu per tahun bagi guru yang berpengalaman. Dengan menyelesaikan kuliah pendidikan guru di Australia, anda bisa mendapatkan ijin kerja sebagai seorang guru minimal selama 2 tahun.

Persyaratan pendidikan minimal untuk menjadi guru di Australia adalah lulusan Bachelor of Teaching atau Bachelor of Education dengan major Teaching. Untuk dapat diterima menjadi mahasiswa program pendidikan guru dituntut kemampuan akademis dan penguasaan bahasa yang tinggi. Kemudian mahasiswa bisa memilih penjurusan sebagai berikut:

  • Early childhood (PAUD)
  • Primary school (kelas 1-6)
  • Secondary school (kelas 7-12) dengan spesialisasi berdasarkan mata pelajaran

 

Untuk menjadi guru bahasa Inggris untuk siswa asing (non-English speakers) tersedia program study Bachelor of TESOL (Teaching English for Speakers of Other Language). Program ini lebih tepat untuk mempersiapkan guru bahasa Inggris daripada program Sastra Bahasa Inggris. Lulusan TESOL dari Australia memiliki kualifikasi yang memadai untuk bekerja di Australia dan juga di negara lain.

Sektor pendidikan yang kuat juga membutuhkan pengelolaan yang baik untuk memastikan standard pendidikan dipenuhi oleh para pelaku pendidikan dan pendidikan tersedia bagi semua warga negara. Bagi yang berminat untuk menekuni pengelolaan pendidikan dapat memilih program Education Management. Pengelolaan pendidikan dibutuhkan dari tingkat sekolah, perguruan tinggi, pemerintahan daerah hingga pemerintahan pusat. 

Kebutuhan akan guru bagi murid-murid berkebutuhan khusus juga cukup tinggi di negara manapun. Bachelor of Special Education merupakan persyaratan akademik minimum untuk menjadi guru pada sekolah-sekolah pendidikan khusus maupun sebagai pendamping murid-murid berkebutuhan khusus di sekolah-sekolah umum.