Law, Justice and Security

Bidang Hukum, Keadilan dan Keamanan

>

Anda bisa memilih untuk menjadi pengacara, penegak hukum dan ahli keamanan baik di dunia nyata ataupun maya. 

Berbagai macam profesi tersedia di bidang ini bagi anda yang memiliki jiwa membela yang lemah dan menegakan keadilan. Imbalan kerja-nya pun sangat menjanjikan. Anda bisa memilih antara lain untuk menjadi pengacara, penegak hukum atau ahli keamanan baik di dunia nyata ataupun maya. 

Program ini mempersiapkan lulusan untuk menekuni profesi sebagai Pengacara, Hakim atau Jaksa penuntut. Banyak anggapan keliru bahwa kuliah hukum semata hanya menghafalkan pasal-pasal hukum. Ternyata lebih dari itu. Lulusan Bachelor of Laws akan memiliki keahlian meneliti, menulis dan menampilkan dokumen-dokumen hukum maupun dokumen lainnya yang dapat digunakan sebagai alat bukti. Mahasiswa juga dibekali dengan teori dan prinsip hukum serta kemampuan untuk menganalisanya seara kritis dalam kehidupan sehari-hari. Program Bachelor of Laws diselenggarakan oleh beberapa universitas di Australia termasuk University of Tasmania, University of New England dan Murdoch University

Australia menawarkan program studi forensik dengan kualitas internasional. Murdoch University menyelenggarakan 

  • Forensic Biology and Toxicology -  bidang forensik ini fokus pada penerapan teknik-teknik penelitian kimia dan molecular biology (DNA profiling).
  • Cyber Forensic - bidang forensik ini fokus pada penerapan teknik-teknik Information and Communication Technology (ICT)

Program studi ini diperuntukan bagi anda yang ingin memahami seluk beluk kejahatan untuk memerangi kejahatan. Lulusan dari program dapat bekerja pada berbagai profesi dalam sistem peradilan baik di Australia maupun internasional.  Profesi yang dimaksud antara lain: penyidik kepolisian atau kejaksaan; penyusun hukum dan undang-undang; analis keamanan dan lainnya.

Program spesialis ini ditawarkan oleh Murdoch University. Fokus program ini adalah pada pemahaman tentang keamanan dan terorisme dari sudut pandang militer, hukum, politik, ekonomi, psikologi dan sosiologi. Selesai dari program ini mahasiswa akan memahami isu keamanan global dan mampu memformulasikan pendekatan yang lebih damai dan terpadu dalam menangani masalah keamanan. Lulusan dapat bekerja di berbagai departemen pemerintahan seperti departmen luar negeri, departemen keamanan sebagai analis kemananan.