MBBS (Bachelor/S1) - University of Tasmania

UTAS MBBS

Jenjang pendidikan Bachelor (S1)
Lama Program 5 tahun
Biaya kuliah AU$61.500 per tahun   Ubah ke Rp 
Kampus University of Tasmania, Hobart Campus (00586B)
Penerimaan Semester 1
Syarat Akademis Kualifikasi SMA3/Year 12/O level atau lainnya yang setara, termasuk mata pelajaran kimia. Nilai tinggi matematika akan membantu namun tidak diwajibkan. Min 50% nilai International Student Admission Test (ISAT) diwajibkan
Syarat Bahasa Minimal setara 7.0 (7.0) 
CRICOS Code 056049J

Program dalam waktu 5 tahun dan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan attitude yang dibutuhkan untuk lulus sebagai dokter umum dan bedah.  Para lulusan MBBS UTAS memiliki kualifikasi yang memadai untuk menyelesaikan registrasi menjadi dokter umum dan bedah di Australia atau New Zealand. Program ini juga memberikan dasar-dasar yang kuat bagi para lulusannya untuk melanjutkan ke cabang-cabang spesialisasi kedokteran yang diminati nantinya.

Mahasiswa mendapat pembekalan seimbang dari sisi teori sains kedokteran dan praktek klinis. Tahun 1-3 dititikberatkan pada pendidikan teori yang dilakukan di Medical Science Precinct di kampus UTAS di Hobart dengan diselingi penempatan jangka pendek di klinik umum. Pada tahun 4 dan 5, mahasiswa akan mengikuti  program Professional Experience Placement (PEP) yang merupakan metode Work Integrated Learning, bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan budaya profesional sekaligus memahami peran dan fungsi berbagai profesi kesehatan dalam sistem kesehatan Australia. Selama masa ini mahasiswa akan mengikuti jadwal rotasi penempatan klinik di Hobart Clinical School, Launceston Clinical School atau the Rural Clinical School di kota Burnie. Mata kuliah elective juga diselesaikan pada tahun 4-5.

Peluang Karir Bagi Lulusan

  1. Para lulusan boleh melakukan registrasi sementara (provisional) untuk menyelesaikan program magang selama setahun pada rumah sakit di Australia.
  2. Setelah berhasil menyelesaikan program magang, para lulusan akan mendapatkan status registasi penuh sebagai dokter untuk dapat bekerja di Australia atau New Zealand.
  3. Pada saat mulai bekerja, para lulusan dapat memilih cabang spesialisasi yang ingin diperdalam. Pelatihan dokter spesialisasi dilakukan sambil bekerja dibawah pengawasan dokter spesialis senior ditempat kerja.
  4. Para lulusan juga dapat memilih profesi bukan dokter seperti menjadi pengelola rumah sakit, bekerja di kantor pemerintahan atau menjadi akademisi atau peneliti kedokteran

Program Post-Study Work Permit memungkinkan mahasiswa asal Indonesia untuk bekerja di Australia.

Konsultasi Lebih Lanjut

Masih memiliki pertanyaan mengenai program ini? Silahkan hubungi kami.