Menuntut ilmu di luar negeri akan terasa makin lengkap bila disertai kesempatan bekerja paruh-waktu (part-time job). Kesempatan ini tersedia di Australia. Pemegang visa pelajar diijinkan bekerja maksimal 40 jam seminggu. Selain untuk menambah wawasan dan pengalaman, dengan sistem pembayaran gaji yang adil, bekerja paruh-waktu juga bisa memberikan tambahan uang saku yang lumayan besar.

Dua hal penting dalam bekerja di Australia: 1) ikuti peraturan; 2) sertifikasi ketrampilan. Apabila 2 hal ini sudah anda penuhi, maka tantangan berikutnya hanya tinggal mencari lowongan.  Tanpa persiapan yang cukup, mencari pekerjaan paruh-waktu bagi seorang pelajar asing di Australia bisa menjadi persoalan tersendiri. Tidak sedikit pelajar atau mahasiswa Indonesia yang kecewa dengan kecilnya peluang kerja yang tersedia, atau merasa diperdaya karena ketidak-tahuan kondisi kerja serta hak-haknya sebagai pegawai. 

 

Mempersiapkan bahasa Inggris hingga mencapai tingkat yang ditetapkan oleh jurusan yang anda tuju bisa dipersiapkan di Indonesia. Namun bila anda memilih untuk mempersiapkannya di Australia, mengapa tidak sekaligus mempersiapkan peluang kerja part-time? MBA Pratama, bekerja sama dengan Access Language Centre memperkenalkan sebuah program persiapan kerjabagi calon mahasiswa Indonesia yang tengah mempersiapkan kemampuan bahasa Inggrisnya di Australia.  Lowongan pekerjaan yang paling banyak tersedia untuk pelajar (baik asing maupun lokal Australia) adalah di bidang hospitality seperti di restoran, hotel ataupun kedai makan/minum lainnya.

 Bagaimana caranya:

  1. Daftarkan diri anda untuk mengikuti program persiapan bahasa Inggris di Access Language Centre di kota Sydney.  Program persiapan bahasa Inggris yang ditawarkan sangat bermutu dan intensif (min 20 jam per minggu atau 4 jam per hari, Senin-Jumat)
  2. Ikuti program sertifikasi ketrampilan (1 hari). Ada 3 jenis yang dapat anda pilih: Responsible Sales of Alcohol (bartender), Function skills (waiter/waitresses) atau Barista (persiapan minuman lainnya seperti cappuccino dsb)
  3. Dapatkan layanan administrasi yang dibutuhkan untuk bekerja, seperti pembuatan Tax File Number serta cara membuat resume.
  4. Anda juga akan dibuatkan janji interview, maximum 3 kali.

Ingin tahu lebih banyak mengenai program ini, silahkan hubungi Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Magazine - Other articles